Sabtu, 22 September 2012

CARA MEMBUAT KRUPUK KULIT

Bahan dasar membuat krupuk kulit adalah kulit sapi atau kerbau,untuk menghasilkan kualitas terbaik, kulit sapi bali menghasilkan kualitas krupuk yang di harapkan..ok lanjut...Dalam pembuatan kerupuk kulit, para pekerja sudah mempunyai tugasnya masing-masing. cara pembuatan kerupuk kulit tidak semudah yang kita bayangkan .
Bahan – Bahan : Kulit sapi bali
Air mendidih sekitar 1 atau 2 bak
Penggorengan besar dan oven Panjang
Dan alat-alat lainnya
Langkah pertama kulit sapi atau kerbau dipesan dari luar daerah seperti kupang atau bali.
Setelah itu kulit sapi sebagai bahan dasar utama sampai dipabrik para pekerja membersihkan bulu-bulu yang ada pada kulit sapi dengan cara dipanggang dalam bara atau tungku pembakaran .
Setelah itu kulit sapi terpisah dari bulu-bulunya para pekerja melanjutkannya dengan mencuci kulit – kulit sapi kedalam sebuah wadah yang telah berisi air dan di cuci beberapa kali sampai bersih dan ditiriskan ,
Setelah itu airnya mulai kering kulit pun mulai dipotong kotak-kotak kecil , kulit sapi yang telah dipotong diletakan dalam sebuah tempat segi empat memanjang dan siap untuk dijemur diluar pabrik tempatnya dilapangan yang telah disediakan .
Biasanya kulit dijemur dari pagi sampai sore.
Setelah matahari mulai terbenam kulit yang tadi dijemur siap di angkat kedalam pabrik kembali dan digoreng setengah matang dalam minyak yang telah dipanas kan sedikit demi sedikit dan kemudian ditiriskan.
Namun bila tidak ada matahari di siang hari atau pada saat hujan. Pegganti dari pemanasan matahari yaitu dengan menggunakan pemanasan lewat oven yang sudah tersedia oleh pabrik atau produsennya.
Setelah kulit terpisah dari minyak tadi dan didinginkan, kulitpun dimasukan dalam karung yang berukuran 50 kg dan siap untuk dipasarkan. tapi kerupuk kulit yang dihasilkan oleh pabrik baru berbentuk kerupuk kulit setengah jadi .
Bagi para pembeli ,yang ingin menikmati kerupuk kulit terlebih dahulu harus di goreng kembali.biar bisa dikonsumsi oleh keluarga .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar